Webp.net-resizeimage (19)

MENGENAL pH LEVEL PADA PRODUK SKINCARE

Babes, kali ini kita akan ngebahas tentang kadar pH dalam produk skincare. Nah sebenarnya, apa kalian benar-benar paham tentang pH level? pH level adalah ukuran standar dari power of hydrogen, atau potential of hydrogen. Hal ini merupakan pengukuran kensentrasi ion hidrogen.

Secara sederhananya, ini mengukur keseimbangan kadar asam di mana air penyulingan memiliki kadar pH netral yakni 7.0. Segala sesuatu di bawah 7.0 cenderung asam dan apapun di atas 7.0 kerap disebut dengan kadar alkalin.

Mengapa kadar pH penting dalam skincare?

Kadar pH sangat mempengaruhi bagaimana reaksi dan kondisi kulit. Hal ini terbukti di maka level pH kulit antara 5.5 berarti cenderung asam dan biasanya lebih sehat, terhidrasi dan memiliki barrier kulit yang kuat daripada apapun di bawah atau di atas kadar pH tersebut.

Seperti yang diketahui, kulit kita dilindungi oleh mantel acid. Ini merupakan barrier pada permukaan stratum corneum yang terdiri dari fatty acid, amino acid, sebum, keringat, dan lain sebagainya, yang akan memberikan kekuatan pada kulit. Idealnya berada pada pH 5.5.

Hal ini sangat penting, karena di saat mantel acid terganggu, maka bakteri akan tumbuh dan menjadikan kulit mengalami inflamasi. Kondisi ini biasa disebut dengan jerawat, eczema, dan rosacea. Cara terbaik untuk mengetahui kulit dalam keadaan seimbang adalah degan apa yang kamu rasakan. Di saat kulit rewel dan menimbulkan banyak masalah, maka biasanya pH kulit terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Efek pH tinggi pada kulit
pH 8.0 – 14

Produk skincare dengan pH level yang tinggi adalah ancaman terberat bagi kulit. Kondisi ini akan membuat kulit menjadi lembut pada awalnya, namun akan menjadi kasar nantinya. Hal ini biasanya terasa saat kamu membersihkan wajah. Pembersih wajh dengan pH tinggi akan menarik seluruh minyak alami kulit dan membuat kulit jadi kering.

Efek pH rendah pada kulit
pH 1.0 – 6.0

Karena produk dengan pH rendah mendekati kondisi natural kulit, maka mereka akan lebih efektif dalam memperbaharui sel kulit secara lembut. Kondisi ini akan menjadikan kulit lebih lembut dan smooth, serta lebih cerah, bebas flaky, dan angry skin.

Jadi, di saat kamu menggunakan produk skincare, selain kandungan, pH level produk tersebut jug harus kamu pahami ya babes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *